Daftar Gaji PNS

Mau tahu Berapa sih gaji seorang PNS diluar penghasilan lain-lain [wht do u thing….
nih dia….

gaji-gol-1.pdf
gaji-gol-2.pdf
gaji-gol-3.pdf
gaji-gol-4.pdf
gaji-depkeu.pdf

gimana… masih pengen jadi PNS… gajinya emang segitu itu… jadi kalo ada PNS yang punya Rumah n Mobil Mewah sangat perlu untuk dipertanyakan…
kalo mo yang lebih mending ya gaji PNS DEPKEU… Gedheee. mengapa…. biar gak ambil uaang yang dia pegang… [katanya] tapi apa iya….

oya untuk 2008 gaji diatas tuh naik 20 %.. kalikan aja ndiri…
n now… hitung berapa kebutuhan minimal anda dan keluarga untuk hidup dalam satu bulan… kalo gaji diatas masih masuk dalam hitungan itu ya coba aja ngelamar jadi CPNS, kalo nggak ya swasta aja deh.. baunyak yang ngasih gaji luebih gueddhe bener…
kalo saya sih… seumpama saya bisa n mampu sebenere ogah jadi PNS tapi ya bagaimana lagi… wong bisanya ya cuman ini… [lha tipikal wong jowo iki…]

Update :

Alhamdulillah gaji naik dan betulan 20% gak cuma 15% lumayan lah buat ngejar larinya harga kebutuhan yang menggila… smoga aku gak ikutan jadi gila (bagi pns yang sedang tugas belajar sungguh harus bener-bener ngencengin ikat kolor lho, n mesti terus ngrayu istri supaya kalo pas blanja gak mana hadap langsung diembat… untung TA-ku dah slsai, cihui bisa segera segera dapat tambahan lagi [..ato nggak ya..?:-/])

nih tak aplodkan PP no. 10 Tahun 2008 tentang Perubahan Kesepuluh Atas Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil

gaji_pns_2008.pdf

Update

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2009 Tentang Perubahan Kesebelas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil

gaji_pns_2009.pdf

Update [ gaji pns tahun 2010 naik 5 % ]

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2010 Tentang Perubahan Kedua belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil

Gaji PNS 2010.pdf

About these ads

62 thoughts on “Daftar Gaji PNS

  1. Eci says:

    Jadi PNS jangan dihubungkan dengan lahan korupsi dong, meski saya bukan PNS, tapi banyak temen-temen yang PNS bisa dapet rumah bagus dan barang-barang mewah sih wajar, karena banyak lahan-lahan proyek, yang semua menghasilkan duit, dan itu juga bukan korupsi, karena semua pekerjaannya dihargai dengan uang, kalo istrinya sangat prihatin dan mau nabung bener, uang itu cukup buat makan sehari-hari, dan gaji nggak perlu diambil, cukup buat bayar seluruh cicilan rumah dan kendaraan yang difasilitasi banyak kemudahan dengan ‘PNS’nya itu…. sebenernya itu semua tergantung dari cara pengelolaan keuangan kok, sebesar apapun gaji nggak menjamin dia nggak korupsi, dan sekecil apapun gaji juga nggak menentukan bahwa dia bisa melakukan korupsi, sekali lagi tergantung manusianya…. Mudah-mudahan kita menjadi PNS-PNS yang jujur dan pintar mengelola keuangan supaya nggak disangka macem-macem, hehehe

  2. mashanafie says:

    @ mba ECI
    GEDUBRAK……..
    wah komen maut pertama yang masuk nih… oke mba… masuk akal sih, tapi proyek mana dulu yang bisa mbuat dia bisa nyicil angsuran rumah katakanlah 1 juta-an perbulan. apa ya ada proyek yang menghargai seorang tenaganya dengan honor segitu…
    honor untuk pns juga ada aturannya
    seorang pns juga dibatasi bisa ikut dalam berapa proyek
    terus proyek-proyek tuh kan ada DIPA namanya dari situ dapat dilihat berapa untuk honor berapa untuk ini berapa untuk itu… semua jelas-las-las lha yg gak jelas biasanya pengeca’an-nya. coba aja ‘proyek’ yang mba maksud itu di audit deh. saya gak yakin temen2 mba yang pns kaya itu bisa kaya dengan cuma lurus-lurus saja….. ya emang sih saya setuju dengan tergantung manusianya…. selamat berjuang jadi pns mba eci… n KEEP UP THE GOOD SPIRIT ya…

  3. Ralat dikit, mas. Gajinya cm naik 15% tp alhamdulillah kok, kan tetap naek, hehehe…(asal jangan kebutuhan hidup ikut2an naek ajah). Sekedar tambahan aja, komponen pendapatan PNS gak hanya dari gaji aja kok. Di beberapa instansi (terutama yang menghasilkan PNBP) biasanya dapet tunjangan yang besarannya berbeda satu sama lain. Tp rata2 jumlahnya bisa berkali-kali lipat dari gaji. Selain itu tiap bulan PNS dpt uang makan ama uang lembur. Dan yang tidak kalah menariknya adalah mereka juga bisa dapat penghasilan tambahan dari honor-honor lain (meski gak rutin). Dan itu udah ada itungannya dari depkeu. Dengan kata lain, PNS yang benar2 kerja dan lurus2 aja pasti bisa sejahtera kok, meski gak kaya2 banget.

    ya daripada tetangga2 saya ya jelas saya lebih sejahtera mas….. hehehe lha tetangga saya bakul si pasar semua yang selalu dikejar-kejar preman dan polpp.
    eh mas berapa persen sih mas PNS yang di instansi penghasil PNBP ntu, sebagian besar pns kita lokasi kerjanya dimana yah… oh ya mas sedikit cerita ya mas… saya pernah lho lembur penerimaan cpns + gak tidur 3 hr 3 malem mas [apa hubungannya sih…]

  4. Jerry Saputra Mulia Agung says:

    kok pns gk mungkin pnya mobil mewah…
    aneh…..
    gk ada yg gk mungkin grag…
    u aja yg agak pinter.

    yah aku emang gak pinter kok mas… semua memang mungkin… tp kalo cuma darri gaji pns yang segitu kan ya susah to…? nha kalo gitu kan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya dia mesti cari tambahan diluar.. dengan kerja diluar maka kinerjanya kemungkinan akan menurun mas… apa itu pegawai yang baik

  5. jeprong says:

    wah thanks banget info nya….
    sudah bisa di donlot. Mau nanya nih. MKG tuh apanya yach? maklum masih awam di dunia pns hehehehehe. Terus mau nanya lagi, gaji pegawai 2008 itu berlakunya mulai kapan? Terus kalau saya tahun ini (2008) diterima jadi pns, saya terima gaji pokok berapa mas?
    ditunggu infonya ya… biar saya lebih pinter…
    thanks a lot

    mkg tuh ms kerja golongan mas, di gol itu mas dah berapa lama lha gajinya manut mkg itu… mulai berlaku 1 jan 2008. lha mas gol berapa nanti gajinya yang mkg paling rendah ntu mas…

  6. Joss says:

    eh mas aku pns, dan aku punya mobil, tapi ga mobil mewah sih sekedar punya untuk keluarga, istriku jg pns dan sekarang lagi buat rumah, dan kami tidak korupsi, jd tolong argument sampeyan aja di terusno, nanti banyak yang sakit hati, ingat mas di instansi pendidikan mmg hny itu gajinya krn ga ada uang lembur, dll, tp di instansi Kesehatan katakanlah RS, itu ada yg namamnya JM ( Jasa Medis yang biasanya dibagikan tiap bulan/ 2 bln sekali dan masih ada insentif2 yg lain di luar gaji. o ya kl boleh tau, mas ini PNS ato bukan? slam kenal

    salam kenal bapak…
    mohon maaf, mungkin perlu saya garis bawahi n huruf tebali po ya yang
    rumah n mobil mewah kalo ndak mewah ya ndak perlu dipertanyakan to? apalagi kalo bapak n ibu fungsional di RS ya saya lebih tidak mempermasalahkan lagi kok pak… betul…
    saya PNS Pak! :grin:

  7. abee says:

    mas dengan adanya otonomi daerah jadi PNS gampang sekali ,asalkan dekat dengan bupati tapi yo tetep harus “ngerti” sama bupati

  8. Budi says:

    Mas, kalo pegawai depkeu, menurutku yg pgawai pajak, adalah sangat wajar kalo tunjangan (bukan gaji yg sama utk tiap pns) kami dinaikkan, karena resiko dan kerjaan memang sangat berat.. Memang byk orang brengsek di pajak, tp lebih byk orang yg baik, dan orang2 yg baik ini cenderung bakal terpolusi oleh sistem dan budaya org yg buruk.. Saya liat remunerasi yg baru ditambah kode etik, cukup mbuat koruptor di pajak gentar dan pegawai yang baik bekerja dengan tenang memenuhi target2 pajak untuk penerimaan negara..

    setuju mas… semoga semakin banyak pegawe depkeu kayak panjenengan…

  9. Gaji PNS mgkn akan naik bahkan bisa mencapai 5 juta rupiah untuk golongan terendah dengan asumsi HARGA BAHAN BAKAR (BBM) naik sampai menyentuh langit dan HARGA BARANG_BARANG KEBUTUHAN POKOK JUGA naik sampai tingkat yang mengkhawatirkan.
    apa guna gaji naik kalo uang yang begitu banyak diterima PNS tidak ada nilainya untuk membeli/memenuhi kebutuhan hidupnya beserta keluarganya.

  10. supriyanto says:

    ya menurut opiniku n banyak orang bilang bahkan agamapun menyarankan bahkan wajib bagi kita untuk selalu bersyukur atas apa yang kita dapatkan.bukan lain guru wiyata bakti seperti saya gaji 150ribu tapi masih cukup untuk hidup satu bulan. kita percaya aja yang di atas pasti akan merawat yang diciptakan Nya.
    mari kita bersyukur atas semua ini.
    apalagi yang udah jadi pejabat.
    ya emang sih tidak munafik saya juga pengen hasil uang yang lebih tapi ini cuman ngomng kemungkinan terburuk apabila kita tidak bisa hidup seperti yang kita harapkan dengan gaji tinggi atau berkelimangan harta. semoga para pejabat sadar kalau hartanya sebagian titipan untuk rakyat miskin anak yatim dan piatu. berat hartamu nanti jika tidak di zakati.biar harta bersih dan matinya enak ibadahlah, salah satunya zakat dan sodakoh. semoga harta kita semua dan kehidupan kita di Ridhoi Allah SWT. Amin. C: 085 647 193 193.maaf jadi khotbah. he..he… ini juga untuk nasihati aku sendiri jika suatu saat nanti jadi orang gede…. hee…. sekarang emang masih kurus ne

  11. wanti says:

    matur nuwun ya mas…
    mg harapan dan cita cita mas terwujud.
    blog mas sangat membantu qt para pengadu keberuntungan di cpns…
    sekali lg
    NUWUN…………

  12. SEMOGA ALLAH DAPAT MENGAMPUNI YOU – YOU YANG KORUPSI (MEMAKAN DAN MEMINUM HAK KAMI, ANAK DAN CUCU KAMI), SEBAGAIMANA KAMI MEMAAFKAN YOU – YOU PUNYA ULAH,

    BUAT MAS THANKS ALOT
    MATUR SUWUN

  13. atok says:

    Aturan gaji pokok pegawai sama untuk PNS di pusat maupun di daerah. Yang beda TUNJANGAN dan SABETANNYA….(dari anggota KORPRI; Korps Pegawai Prihatin)

  14. Heru waryoko says:

    Dewasa dlm berfikir n bertindak adalah cara terbaik menjalani kehidupan dgn situasi n kondisi perekonomian skrg ini…semua terjadi atas kehendaknya,kalo ada org yg suka motong hasil jeri payah seseorg adalah penjahat

  15. puji says:

    wah, temane ” it’s all about the money nih” he..he!!!! sensitif dan agak menyulut emosi. buktinya komentarnya mbak eci, nyante aja to mbak, g usah panas kayak gitu. he..he!!!!! klo ngomongi duit kok pinter2 ya, diskusinya langsung hidup. tpi ingat ya… money can buy many things but not everything ( nyontek kata2 nya dari kompas.com)…..

  16. jadi PNS tuh bukannya langsung berhenti belajar, tp harus ditingkatkan disiplin ilmunya, biar kerjanya profesional dalam bidangx. jika kualitas kerjanya bagus otomatis km akan dipakai dan di promosikan. jika dapat jabatan otomatis ada tunjangan jabatan & kinerja, wah enak dong ada tunjangan jabatan dan fasilitas penunjang kerja (mobil dinas, Rmh dinas dll) ya iya lah….apalagi anda bekerja di instansi infrastruktur (DPU, DISTAMBEN , D. Perhubungan dll) kan program kerjanya bernilai milliaran dan biasanya 10 – 15 % dr nilai proyek di janjikan oleh pemenang tender kepada pejabat yg berwenang, jd jgn salah kalau PNS bs punya mobil dan rmh mewa. itu bukan koropsi loh. makanya jd orang tuh hrs jgn pasrah dgn hidup ini (jd sfat aja….) berusaha tuk knaik pangkat n golongan (dapat jabatan)

  17. aga says:

    wah-wah ngitung gaji PNS nih Coba Gol III 2 tahun asumsi ada 5 proyek

    pokok 1,440,600
    istri 144,060
    anak 28,812
    beras 124,740
    tumum 180,000
    Jml. 1,918,212
    Tamsil 150.000 (variatif tergantung daerah)

    Honor
    Proyek (5) 1000.000
    Jmlh 3.068.212

    Lumayan lah (ini resmi loh) apalagi kalo pegang jabatan he.. he..
    Jadi jangan dilihat gaji pokok doang kalo gaji pokok sih kecil
    Potongan
    IWP 10%
    Taperum 10.000

    Di swasta fresh graduate 1.500 -2.500

    • atok says:

      kalau ada proyek…kalau kagak? (proyeknya diembat semuanya sama boss). Gol III 2 tahun masih jd staff, blm jd apa2. Gol IIIa bejibun…

  18. bajing_1978 says:

    Skrg khan lg tren pns nikah sama pns ,ya kalo pns nikahnya sama pns pasti bisa deh , bisa buat beli mobil, rumah, SK pns khan kalo buat ngutang di BRI khan bisa untuk jaminan, itu blom lagi sertifikat, rumah/tanah.
    Kalo suami istri pns punya 2 SK mau pinjam banyak juga disetujui, tinggal nyesuaiin aja gaji tiap bulannya yg diterima,
    Klao gol. III nikah dgn gol. III ya pastilah ibarat duren ketemu duren,
    Yang agak kerja keras tuh pns Gol. I ato II nikah dgn ibu rumah tangga biasa yg gak punya krja sampingan . GITUUUUUH

    tuh khan ada trick menarik khan :grin: ::. H U T A N G .::

  19. achmad says:

    selama di negera indonesia ini masih banyak rakyat indonesia ya negara kita akan tetap seperti ini, berjuta komentar takkan mampu merubah negera ini, beribu solusi juga tak membuat bangsa ini jadi bermartabat, jika sikap mental nya masih bobrok, pesimistis sudah mendarah daging, perilaku takdisiplin sudah menjadi santapan sehari2, mahasiswa yang brutal, suporter bola yang tak pernah menjungjung sportivitas(budaya kita adalah budaya yang buruk), jujur saja jika kita mau merubah negara ini dari pribadi kita maka perbandingannya 1:200 juta, diri kita mau berubah bagaimana dengan 200 juta pribadi lainnya. terimalah hal nyatai ini, dan jadikan saja negara ini tempat untuk mencari ladang amal untuk mencari ridhonya, dengan banyak nya orang yang bermental buruk, maka kesempatan kita untuk mencari pahala dengan menasihatinya, semua telah diatur oleh yang aha kuasa, so sholat..sholat..sholat jangan ditinggalin

    • atok says:

      lebih baik jadi wirastawan aja..otak lebih encer krn sering dipake buat mikir, PNS banyakan jd yes man, males mikir (walopun gak semua)

  20. Yaya says:

    Duh..kog pd ngeluh ya? Pdhal sy bahagia n bersyukur bgt lulus cpns des 2008 kmrn. Mo mnt saran jg nih, sy kan perawat, gaji lbh mencukupi d rs or puskesmas ya? Thanks

    • atok says:

      kamu kerja aja yg bener, gak usah pilih2 mau RS ato puskesmas. Kalo gak bisa ngatur duit (dan bersyukur), gaji seberapa gede jg masih terasa kurang…

  21. Harry Pasya says:

    saya pns fungsional golongan III/d istri kerja di bank plat merah anak 4 orang masih kecil-kecil dengan ngandalin gaji pns dan istri yang segitu-gitunya mana mungkin mengejar kebutuhan yang semakin melangit tetep aja ada hutang lah apa lagi rumah masih nyicil weleh-weleh mingkinan ikat pinggang kenceng neh di kolor hehehe namun tetap saya bersyukur kepada Allah SWT yang mana sampai detik ini keluarga saya masih dapat makan meski dengan menu yang sederhana

    III/d kalo jenjang ahli ya sudah lumayan kan mas? meskipun sak lumayan2 nya ya memang sulit buat ngejar itu apalagi mas harry di jakarta kan?, tapi masih lumayanlah timbangane saya :grin: , tapi syukur, teteep… keep up the good spirit…

  22. Assalamualaikum wr wb…
    Teriring salam kenal, Aku mau belajar banyak, tolong bantu aku

    Terimakasih,
    Wassalam

    alaik salam…
    bantu apa mas? sampeyan sudah jago gitu lho, dah dapat earn berapa niiih

  23. Cpns jambi says:

    Assalamu’alaikum… Saudara/i ku seiman maupun yg blm Islam. Alhamdulillah dengan berangkat dari TAUHID yg benar insyaALLAH semuanya menjadi lebih baik…. Saya perantau dr luar Sumatra blm ada 2 tahun di Sumatra lolos cpns murni formasi 2008 di Jambi tanpa dukun,jimat,kkn dll yg tentunya syirik kpd ALLAH. Jauhi syirik, munafik, bid’ah, maksiat Islam sejati hanya berdasar pd ALQUR’AN & SUNNAH. Wassalamu’alaikum.

    • atok says:

      mudah2an tetap memegang teguh Al-Quran dan Sunnah..Amiin. Hati2 di PNS banyak duit yg gak jelas lalu lalang…..

      • unyil says:

        tidak hanya di PNS mas, di swasta juga ada … bahkan di semua kegiatan ekonomi, (memang sih di PNS masih relatif lebih banyak hehe …) . . . .

  24. Nugroho says:

    kok g ada yg demo dgn kesenjangan gaji Pns depkeu dgn Pns dept. lainnya? aneh…negara ini kan butuh perbaikkan di semua bidang….aneh……aneh

  25. bagi siapa saja yang cooment disini, dan bagi siapa saja baik yang pro maupun kontra tentang tetek bengek gaji PNS beserta implementasinya (koyok wong gede yooo ngomonge??) mari kita semua berpikir bijak, tidak ada gaji baik yang besar apalgi yang kecil yang bisa memenuhi kebutuhan kita, semuanya hanyalah dikendalikan oleh nafsu kita sebagai manusia, sampai kapan perut ini akan kenyang bila setiap waktu kebutuhan terus dikendalikan oleh hawa nafsu tersebut…tapi percayalah TUHAN maha segalanya, jangankan kita, semutpun yg kecil dan tdk mempunyai daya apapun dapt mencari makan…apalagi kita sebagai manusia yg dibekali oelh akal pikiran….mari tempatkan akal pikiran kita sebagaimana mestinya, insyaallah Allah akan merihdloi

  26. gaji naik, harga kebutuhan hidup scr umum naik total. artinya 90% org indonesia bercita-cita jadi pns, buktinya pedagang cs.ikut naikin harga jual barangnya. padahal pns ga ada hub.nya dg pedagang cs itu. pun dp dikatakan bhw profesi pedagang krn terpaksa disebab ga bisa jd pns. gitu kah?

  27. putrelambang says:

    gaji pns cuma naik 5%,ya sukurlah kenapa ribut memikirkan gaji pns,dulu gaji saya cuma 130ribu kenapa nggak ribut.roda kehidupan slalu berputar,sekarang gaji pns naik pamor.enak jadi guru sekolah S1gratis tunjangan profesi 1xgaji hari libur libur kerja pagi aja,kenapa mas nggak meliput kehidupan perawat yg tugas ngeshif dirs,lihat berepa gaji dan tunjangan,siapa yg menghargai perawat?thanx mas

    • Perawat Ngesif di Rumah Sakit Bos… wow!! mereka keren2 tuh.. dapat jasa medis yang jumlahnya lumayan (ini bikin ngiri lho di tempat saya) emang si boss gak dapat jasa medis? di daerah mana siii…

  28. Mat Karto says:

    Memang enggak nutup deh hidup di Jakarta kalau cuma dari gaji doang. Kadang ada perjalanan dinas dan honor, ditotalin juga paling cuma maksimum 2 juta perbulan. Alhasil, pendapatan total saya cuma 3,5 juta per bulan. Akibatnya, umur 40 tahun, masih berstatus kontraktor, kos perpindah-pindah. Beli rumah jelas tidak mampu.

    Ini saya juga nambah-nambah menjadi dosen di luar jam kerja, kebetulan saya berpendidikan pasca sarjana. Sudah sering terpikir untuk mengajukan pensiun dini, mungkin bila ada peluang bekerja dgn pendapatan yang lebih baik saya akan segera berhenti menjadi PNS. Saya pikir, 15 tahun mengabdi bagi negara sudah cukup.

    Bagi yang berencana menjadi PNS, agar dipikir ulang, hidup menjadi PNS jujur itu tidak mudah, gaji kecil, godaan banyak, dan isteri di rumah suka ngomel-ngomel…). Kalau kebetulan punya otak encer, gesit, dan penuh kreativitas, tempatnya bukan sebagai PNS. Harus mencari tempat lain yg menghargai kreativitas, kerja keras, dan kecerdasan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s