Pilkada Kabupaten Magelang : Sebuah Prediksi

Saya mau sok tahu sedikit niih tentang Pilkada Magelang…

Pemilihan Kepala Daerah secara Langsung yang Pertama bagi Kabupaten Magelang akan dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 26 Oktober 2008 ini. Sebagai masyarakat saya mempunyai penilaian bahwa Pilkada di Kabupaten Magelang nanti akan berjalan dengan Adem Ayem saja, semoga dan insya Allah hal ini yang kita harapkan bersama.

Pasangan Hadist [Hartono | Adi Setiawan] diajukan olehPPP, Partai Golkar, PKS, PBB, PNI Marhaenisme dan PPDdan Sinar [Singgih Sanyoto | Zaenal Arifin] diajukan PDI Perjuangan, PKB, PAN dan Partai Demokratmelakukan strategi kampanye yang berbeda. Sinar kelihatan sangat agresif dalam pemasangan Gambar, Spanduk, Stiker, Baliho, dll, juga sangat aktif terjun ke masyarakat jauh sebelum kampanye resmi dilakukan. Sedangkan pasangan Hadist terkesan biasa-biasa saja. Padahal dari daftar kekayaan yang dirilis KPU Kab Magelang Adi Setiawan merupakan kandidat dengan nilai kekayaan paling tinggi, sehingga secara logika dia yang mempunyai lebih banyak sumber dana untuk di hambur-hamburkan digunakan berkampanye, entah itu memasang spanduk, gambar atau apapun. Tetapi entah kenapa gambar dari pasangan ini jarang di temui di wilayah Kabupaten Magelang. Seperti diketahui bahwa PKB dan PDI Perjuangan adalah Parpol yang memperoleh suara terbanyak dalam Pemmilu terakhir.

Melihat perbedaan keagresifan berkampanye ini, banyak yang yakin pasangan Sinar akan menang mudah dari pasangan Hadist. Prediksi ngawur saya :grin: , perbedaannya bisa 70:30 bahkan 75:25, tapi itu prediksi ngawur lho, siapa tahu terjadi keajaiban di detik-detik terakhir.

Kedua Pasangan ini terutama antara Singgih Sanyoto dan Hartono merupakan pribadi-pribadi yang sudah saling mengenal mengingat mereka telah bekerja sama sebagai Bupati dan Wakil Bupati Magelang selama periode ini. Sehingga mereka berdua sudah saling mengetahui peta kekuatan masing-masing. Isu hangat dari hal ini adalah, seharusnya Hartono sudah tahu bahwa dia akan sangat sulit bisa mengalahkan Singgih dalam Pilkada kali ini, jadi pertanyaannya selannjutnya… motivasi apa sesungguhnya dari majunya Hartono dalam pemilihan Pilkada Kabupaten Magelang ini. Itulah yang menjadi perdebatan hangat di kalangan pengamat politik kacangan seperti sayah ini.

Berbagai Teori berkelebat di benak saya, tapi semoga semuanya tidak berakibat buruk bagi masyarakat Magelang.

9 thoughts on “Pilkada Kabupaten Magelang : Sebuah Prediksi

  1. bicara motivasi orang buat jadi pemimpin… sulit ya mas..
    hasil ngobrol tidak penting di warung sebelah rumah tiap malem minggu sampe jam 02 pagi begini..
    - kalau untuk membangun daerah / masyarakat, ngapain harus keluar duit milyaran.. mendingan buat bikin mesjid, buat anak yatim..
    atau malah bikin tambal ban ..
    dengan duit milyaran, kalau bikin tambal ban jadi berapa hayo..
    nah ini jelas, mengurangi pengangguran..

    ah.. jadi pusing :D

    mudah-mudahan magelang mendapat pemimpin yg amanah.. Amin.

    bisa jadi dengan uang segitu dari bogor – boyolali entrek tembel ban kabeh :grin:
    saya juga pusing pak mikiran pilkada, soale saya pasti kedaphuk ndata pemilih, nyebar undangan sekaligus jadi panitia kpps uphfff :???:

  2. pengalaman banyak membuktikan pasangan yang terkenal dan banyak menghamburkan uang belum tentu bisa menang. bayak faktor yang perlu di lihat.

    yang pasti di balik majunya calon banyak motivasi di dalmnya mulai dari kekuasaan, eksistensi partai dan calon, alat ukur ssejauh mana alat partai berjalan dsb. so, g usah heran.

  3. Tapi paling ndak suara untuk Sinar saya pastikan berkurang satu….ini yang pasti lho!
    Karena saya nggak bisa mudik untuk ikutan nyoblos….sayang memang!
    Sudah beberapa pemilihan baik pemilu, pilgub dan ini pilbup suara saya kobong je…..

  4. Saya sebagai warga magelang, malah bingung dengan kedua calon tsb…

    Maklum, KTP masih magelang, tapi udah dua tahun lebih tinggal di Yogya…

    Btw, kok cuma dua calon ya??

  5. Ruuhul Jihaad says:

    Pilkada MAgelang.. akan menunjukkan kualitas dari orang-orang magelang!! Nuwun sewu bapak-bapak, dan masyarakat magelang!! Melihat kondisi saat ini bagi saya perpolitikan di Magelang sangat-sangat mengejar duniawi saja. Saya lahir di magelang, tapi baru 2 tahun ini tinggal di magelang!!! Selama 2 tahun saya di magelang, saya baru melihat bobroknya birokrasi di magelang. Nuwun sewu bapak-bapak dan pejabat di lingkungan Pemda Magelang, kalo ucapan saya ini kurang berkenan.
    Melihat fenomena pilkada bupati dan wabup di magelang ini, saya bukan su’udzon kepada kedua belah pihak. Tapi yang saya inginkan dari calon bupati dan wabup yang terpilih nanti, akan membawa magelang menjadi daerah yang lebih baik lagi.
    Hari ini saya ikut nyoblos, tapi insya Allah pilihan saya sudah yang terbaik dari yang baik. Insya Allah juga pilihan saya lebih mementingkan / saya utamakan akhiratnya!

  6. murdi says:

    as.wr.wb
    para pembaca yang budiman, perlu diketahui bersama bahwa dalam pilkada kabupaten magelang yang menang bukan singgih atau zaenal arifin tapi yang menang adalah mantan bupatinya, sebab sudah sekian lama rencana strategis itu dibangun yang mempunyai target singgih menang tanpa keringat, kalau alat kampanye banyak coba silahkan di chek saldo akhir rekening pribadi sinar, nanti lak malah utuh malah bertambah, lantas dari mana uang itu….ini politik bung….jadi botoh banyak berkeliaran…
    ha…ha…ha..

Leave a Reply

