Tag

, , ,

AA003293Tentu saja Windows 7 bisa diinstall Bahasa Arab dan bahasa-bahasa lain seperti pada versi windows sebelumnya. Proses instalasi penambahan bahasa pada Windows 7 lebih mudah karena tidak dibutuhkan CD instalasi seperti pada Windows XP. Cara instalasi menambahkan bahasa di Windows 7 adalah sebagai berikut :

 

  • di Control Panel, view by: small icon, pilih Region and Language 

regional1

 

 

 

 

 

 

 

  • Pilih tab Keyboards and Language kemudian klik Change Keyboards… diikuti klik Add… silahkan pilih Arabic pada Chek box yang tersedia kemudian OK 2x, thats all.

region 5region 2 region 4     

  • Iya, cuma seperti itu, sekarang silahkan dicoba di MS-Word (cara tercepat untuk masuk ke MS-Word adalah via keyboard tombol Start ketik winword, enter) ketik sesuatu kemudian tekan alt+shift ketik lagi, apa yang terjadi…?

 

Cobalah mengetik misalnya بِسْمِ الله apakah anda menemui kesulitan? tidak.. oh anda hebat sekali. Menemukan suatu huruf hijaiyyah yang kita inginkan dalam keyboards standar us tentu sangat-sangat melelahkan sebelum kita bisa menghafalnya. Menghafal? Ohh no no… wong sampai sekarang ngetik huruf huruf qwerty aja masih belom lah lancar pula. Kalau anda tidak punya uang untuk membeli Keyboards Arabic anda bisa mencatat secara manual kemudian di print dan ditempel pada masing2 tuts keyboards (seperti yang saya lakukan dulu :D ). Kira-kira adakah cara lain yang lebih mudah? tentu saja ada! mengapa tidak kita gunakan Virtual Keyboards, Virtual Keyboard Arabic tentunya, yang bisa menunjukkan letak masing2 huruf di layar monitor.

Untuk cara yang saya sebut terakhir, ada beberapa alternatif, tapi yang saya suka adalah aplikasi Frontype, yang versi demo-nya bisa dijalankan full feature selama 7 hari untuk kemudian setelah itu hanya berjalan secara pasif, tetap muncul di layar dan menampilkan layout huruf2 hijaiyyah tapi tidak merefleksikan tombol yang kita sentuh, saya kira kegunaan itu sudah cukup, toh kita juga hanya ingin tahu dimana letak tombol suatu huruf kan? silahkan dicoba.

Eh tadi sudah bisa mengetik بِسْمِ الله ini ya, sudah ada harokatnya kah? kalau belum cara untuk mengetik harokat (sandangan) pada masing2 huruf adalah dengan menekan kombinasi tombol seperti di bawah ini, di depan huruf yang akan kita beri harokat, jadi misal بِ setelah setelah ketik ب  kemudian tekan shift+a.

Berikut adalah beberapa kombinasi tombol dalam keyboard arabic yang bisa digunakan untuk memberi harokat pada huruf arab :

shift + q = fathah ( اَ )

shift + w = fathah tanwin ( اً )

shift + e = dhommah ( اُ )

shift + r = dhommah tanwin ( اٌ )

shift + a = kasroh ( اِ )

shift + s = kasroh tanwin ( اٍ )

shift + x = sukun ( بْ )

shift + ~ = tasdid ( بّ )

 

skrinshut Frontype :

frontype3

 

Demikian sedulur semoga bermanfaat, kemudian apakah anda sudah lancar membaca tulisan hijaiyyah dalam Quran?

About these ads