Novel tanpa nama

Novel tanpa nama

Duong thu huong

Alih bahasa sapardi djoko damono

 

Saya beli buku ini karena satu alasan saja sebenarnya you know what..?, ya karena ada nama Sapardi Djoko Damono disini, dia tentu punya alasan tertentu mengapa dia mau menerjemahkan buku ini. Dan memang kisah dalam buku ini begitu dalam , menyentuh dan sisi kemanusiaan yang ingin disampaikan begitu mengena. Sapardi mampu menerjemahkan buku ini secara sempurna juga tentunya.

 

Perhatikan alinea pembuka buku ini…

Sepanjang malam kudengar suara angin menderu melintasi jurang jiwa-jiwa yang sesat. Suara rintihan terdengar tanpa henti yang diselingi oleh suara isakan. Dari waktu ke waktu suaranya menderu seperti kuda betina sedang berahi, bersiul di sela-sela atap batang bambu yang retak di atasku, menjalar ke daerah pedalaman dalam simfoni suara yang menakutkan.

di sepanjang buku ini kita akan terus dihadapkan pada penuturan semacam itu, liris… surealis tapi tegas dan dalam…sangat dalam.

 

Mengisahkan tentang Quan pemuda Vietnam yang dipenuhi idealisme dalam perjuangan revolusi yang diagung-agungkan oleh sebagian besar pemuda vietnam lainnya. Sampai akhirnya dia sadar apa yang dia dapat dari perang hanyalah kepedihan tak terkira dan karena pandangannya yang kemudian berubah atas revolusi tersebut, dia justru dipenjarakan oleh rezim yang dibelanya dengan segenap jiwa berpeluh darah. Satu ironi lagi.

 

Mungkin ini adalah kisah hidup Duong Thu Huong sendiri yang pada masa mudanya adalah pemimpin Brigade Pemuda Komunis. Dia bertempur di garis depan pertempuran melawan amerika. Ya dia yang kita sebut vietkong itu dalam film platoon maupun serial tour of duty dan berpuluh-puluh film lainnya. Kalau kita ingin mengetahui sudut pandang lain dari perang vietnam maka buku ini sangat layak untuk dibaca.

Saya beri bintang 5 [*****] untuk buku ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s