Aliran Sesat or Aliran Salah ?

kata gus dur kebebasan berpikir harus dihormati… kata mui aliran-aliran yang ada yang tidak sejalan dengan kaidah islam yang kita kenal secara umum tuh disebut aliran sesat terus gimana dong….

yah mengikuti pemikiran Gus kita yang satu ini emang super duper sulit bin njlimet karena beliau tuh paradigma berpikirnya udah beda dengan kita-kita orang awam jadin yah seolah-olah dia tuh tukang mbelani orang-orang yang secara umum dicap sebagai salah dan pendosa bin sesat… inul misalnya dia bela.. ulil absar abdalla dia lindungi… kali ini al-qiyadah dia bela juga… pembelaan terhadap arus pemikiran minoritas inilah kesan yang selalu kita tangkap dari gusdur…

gus dur tuh mandang islam tidak hanya melulu dari sege fiqih saja tekstual dan nash saja tapi juga dari semua segi dimana islam adalah agama rahmatan lil alamin… [kira-kira begitu] yang jelas dia ingin memberikan gambaran bahwa islam itu punya sudut pandang lain selain dari ilmu fiqih yang memang tegas dan keras itu… katanya perlu ada pendalaman tentang interpretasi terhadap hukum-hukum fiqih… loh!!!

kembali ke laptop aliran sesat diatas.. ada lia eden yang mengaku sebagai rasul sekaligus titisan malaikat jibril [GEDUBRAK… ndobel ki… edan] kemudian musadeqmantan letih badminton pbsi ini yang mengaku mendapat wahyu tentang ilmu ta’wil alquran [walah ono-ono wae] ada alquran suci… [belum jelas apa yang dilakukan kelompok ini selain ngilangin anak gadis orang] dan kelompok-2 semacam yang jenisnya suangat banyak sekali….

dan yang lebih mengejutkan ternyata yang menjadi pengikut kebanyakan adalah para pelajar dan mahasiswa yang notabene adalah kalanagan terpelajar kenafa…… dari yang saya baca hal itu disebabkan karena para mahasiswa yang pinter2 itu mendalami agama dari permukaannya saja dari segi materialnya saja jadi apa yang ada di nash ayat maupun hadis ditelannya mentah-mentah tanpa mempelajari lebih dalam mengenai asbabun nuzul dan peristiwa yang berkaitan dnegan turunnya wahyu… juga mereka ini kadang hanya berpikir secara eksak matematis untung rugi dipandang dari segi keterdesakan islam di indonesia saat ini yang dikalahkan secara telak oleh budaya hedonistik so sebagai bentuk perlawanan mereka mendirikan aliran-aliran yang tidak ditemukan dalam islam sebelumnya

jadi tantangannya adalah bagaimana menyadarkan para sahabat yang alpa ini ke jalan yang benar [meminjam ungkapan gus dur lagi] dan bagaimana membuat jera para pemimpin aliran ini karena ternyata penjara tidak membuat mereka meninggalkan alirannya… bisa malah semakin fanatik lho… perlu ada konsep baru dalam penanggulangan aliran-aliran ‘salah’ ini [nanti kalo bilang sesat ndak dimarahin gus dur]

tantangan bagi depag dan bagi kita semua……

One thought on “Aliran Sesat or Aliran Salah ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s