Surat Lamaran Pekerjaan

Saya dulu bingung pas pertama disuruh mbuat lamaran pekerjaan harus gimana? Mulai dari mana? Apa aja yang harus ditulis? Dll pertanyaan yang akhirnya saya bawa ke mas nurfat untuk minta dibuatkan. Sebenarnya apa dan bagaimana sih lamaran pekerjaan itu… ini dia nih…
Surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan (pelamar) kepada orang atau pejabat yang dapat memberi pekerjaan atau jabatan. Melalui surat lamaran itu pelamar minta agar ia diberi pekerjaan. Surat lamaran pekarjaan dapat juga di artikan sebagai surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang berisi permintaan agar calon karyawan di beri pekerjaan oleh calon majikan.
Surat lamaran pekerjaan dapat dibuat dengan dua cara yaitu:
•    Surat lamaran pekerjaan yang di gabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam model ini riwayat hidup termasuk isi surat. Karena isinya berupa gabungan, model ini juga disebut model gabungan
•    Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam model ini riwayat hidup merupakan lampiran. Karena itu model ini juga disebut model terpisah. Dalam praktek pemakaian. yang banyak dipakai adalah model terpisah. Walaupun dalam pembuatannya memerlukan dua kali kerja, namun surat lamaran model ini lebih digemari oleh pencari kerja karena suratnya tidak panjang.
Berikut tata cara penulisan Surat Lamaran Pekerjaan
Isi surat lamaran pekerjaan harus singkat, padat, tidak bertele tele, langsung mengenai persoalannya. Yang dikemukakan ialah semua hal yang disyaratkan oleh lowongan jabatan yang bersangkutan.
Yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran pekerjaan adalah:
1). Data pribadi pelamar yang meliputi:
•    Nama Lengkap
•    Tempat dan Tanggal Lahir
•    Alamat
•    Status Perkawinan
2). Pendidikan
•    Pendidikan formal misalnya SD/SMP/SMU/Akademi, dsb.
•    Pendidikan non formal yaitu kursus-kursus atau pelatihan yang pernah di ikuti
3). Pengalaman bekerja
•    Jika telah memiliki pengalaman kerja, sebutkan dalam surat lamaran, apakah sesuai dengan jabatan yang dilamar atau dibidang lain. Apabila belum pernah bekerja sebaiknya menyebutkan kemampuannya untuk jabatan yang dilamar berdasarkan kemampuan yang dimilikinya itu.
4). Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan
Lampiran adalah segala sesuatu yang disertakan dalam sebuah surat lamaran dengan maksud untuk mempertegas atau memperkuat surat tersebut sebagai bahan pertimbangan bagi pihak badan usaha atau instansi yang menawarkan pekerjaan.
Lampiran dalam surat lamaran pekerjaan adalah:
•    Daftar Riwayat Hidup
•    Foto copy Ijazah terakhir
•    Surat Keterangan Catatan Kepolisian
•    Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter
•    Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
•    Pas Foto terbaru
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Yang Terhormat,
Bapak ……………….
………………………..
………………………..
………………………..
Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari teman saya yaitu saudara ………. yang kini sedang bekerja di ……………, saya ingin bergabung dengan Perusahaan yang Bapak pimpin.
Nama saya ……….., lulusan dari ………….. jurusan ……………. dan lulus tahun …………..
Saya mempunyai kondisi kesehatan yang baik, loyalitas tinggi, jujur, ulet, cepat memahami bidang baru yang sedang dipelajari/dikerjakan, serta motivasi tinggi.
Untuk itu saya lampirkan berkas-berkas untuk bahan pertimbangan sebagai berikut : 1. Daftar Riwayat Hidup 2. Fotokopi Ijazah Terakhir 3. Fotokopi Transkip Nilai 4. Fotokopi Surat Keterangan Kerja 5. Fotokopi Identitas Diri (KTP & SIM) 6. Pasfoto Berwarna terbaru
Harapan saya Bapak dapat mempertimbangkannya dan saya menunggu jawabannya. Atas perhatian serta kesempatan yang Bapak berikan, saya ucapkan terima kasih.
……………., ……………………..
Hormat saya
…………….

Teknis dan Contoh Penulisan Riwayat Hidup
Riwayat hidup ibarat iklan bagi sorang pelamar pkerjaan. Disini dituliskan mengenai kualifikasi si pelamar, data diri dll. Pada dasarnya riwayat hidup atau CV adalah catatan singkat tengatang gambaran diri seseorang. Selain berisi data pribadi, gambaran diri itu paling tidak harus di isi keterangan tentang pendidikan atau keahlian dan pengalaman. Dengan data itu riwayat hidup akan memberikan gambaran atau kualifikasi seseorang.
Dari segi penampilannya riwayat hidup tidak mempunyai bentuk standard. Riwayat hidup ditulis seperti karangan singkat, diawali oleh judul dan ditutup oleh rangkaian tanggal, tanda tangan dan nama. Sebenarnya riwayat hidup termasuk surat keterangan, dalam hal ini keterangan pribadi.
Isi riwayat hidup dapat dikelompokan dalam empat sampai lima subjudul.
Data Pribadi
Yang perlu dicantumkan dalam data pribadi yang terpenting saja. Data pribadi dalam riwayat hidup meliputi nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, status perkawinan, jati diri (nomor KTP) dan alamat (domisili pada saat melamar).
Adapun data lain seperti kewarganegaraan, suku bangsa, agama. tinggi dan berat badan pencatumannya supaya di sesuaikan dengan situasi dan kondisi. Jika pencantuman itu berdampak positif baru di cantumkan, tetapi apabila mubazir lebih baik tidka perlu di cantumkan.
Pendidikan
Cara penulisan riwayat pendidikan sebagai subjudul urutannya adalah sebagai berikut:
•    Apabila pada subjudul hanya di tulis pendidikan, urutan penulisannya dapat terbalik, dimulai dari pendidikan tertinggi, lalu menurun ke tingak yang lebih rendah.
•    Apabila pada subjudul ditulis riwayat pendidikan, maka urutan penulisannya harus dimulai dari yang lebih tinggi dan seterusnya, sebab kata riwayat mengandung pengertian chronologis.
•    Apabila pernah mengikuti pendidikan nonformal disamping pendidikan formal, maka menulisnya pendidikan formal dahulu, kemudian diikuti pendidikan nonformal
Pengalaman Bekerja
Untuk pelamar yang telah mempunyai pengalaman bekerja dapat menyebutkannya dalam riwayat hidup. Pengalaman tersebut disusun secara chronologis, masing-masing dimulai kapan bekerja ( dari tahun berapa sampai tahun berapa , menjabat sebagai apa, dimana dan mengapa berhenti dari tempat itu ( apabila pelamar berhenti secara baik).
Keterangan Lain
Data yang tidak dapat dimasukan ke dalam subjudul yang sudah ada, dapat dimasukan ke dalam subjudul keterangan lain ini. Data yang masuk ke dalam keterangan laion adalah sesuatu yang tidak diperoleh melalui pendidikan formal. Keterangan yang dicantumkan hendaknya yang ada hubungannya dengan bidang yang dilamar.
Referensi Pribadi
Yang dimaksud referensi adalah keterangan dari orang-orang tertentu tentang diri pelamar. Di dalam surat lamaran atau di dalam riwayat hidup pelamar menunjuk nama orang tertentu sebagai referensinya. Orang yang di tunjuk sebagai referensi untuk keperluan melamar pekerjaan adalah mantan atasan, mantan guru atau teman dekat. Orang yang ditunjuk sebagai referensi sebaiknya adalah orang yang lebih tua dari pelamar. Diutamakan yang pangkat dan jabatannya cukup tinggi.

Berikut ada beberapa contoh yang bisa anda donlot

English_CVs_and_Tips_for_CV_2007.rtf
CV-English.rtf
Job_application_English.rtf
Riwayat-Hidup.rtf
Surat_Lamaran_atas_kehendak_sendiri.rtf
Surat_Lamaran_bagi_pelamar_yang_berpengalaman_kerja.rtf
Surat_Lamaran_Berdasarkan_Iklan.rtf
Surat_Lamaran_bersumber_dari_seorang_kenalan.rtf

semoga bermanfaat

[thanks to : mas agung wicaksono, mas hasan, mbak erlina ‘hughes’ n konco-2nya atas tulisan ini]

15 thoughts on “Surat Lamaran Pekerjaan

  1. Sekalai lgi q ngcpin thanks alot cz udah bisa mmbuat saya jadi bisa memahami SLP dengan detail pi ingat tlong ditambhin pke yang english yaa…….!!!!!!!

    dawah sami-sami mas… insya 4jjl nanti tak carikan lagi di arsip file saya soale indoupload tih emang dodol, skg saya dah pake 4shared kok moga2 aja pake yang ini lancar…

  2. Adrian says:

    duh masa berita lowongan kerja dapet dari teman sih…itu jgn di tulis
    merusak pemandangan mata.

    HRD
    PT.COCA COLA
    Adrian Syahlan,S.Kom

    whats wrong….

  3. Go Blog says:

    Hei HRD COPLA COPLO di jaman sulit kaya gini info dari siapa saja boleh apalagi dari teman yang hebat spt teman saya. Buktinya sy skrng jd dosen berkat info dari teman.

  4. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point.

    You obviously know what youre talking about, why waste your intelligence
    on just posting videos to your site when you could be giving us something
    enlightening to read?

  5. I blog frequently and I genuinely thank you for your content.
    The article has really peaked my interest.
    I will take a note of your site and keep checking for new
    information about once per week. I opted in for your RSS feed as well.

  6. Be aware, even on the best freelancing web sites there is a burgeoning film scene
    right here in Borderstan. If you can’t bring traffic to
    your website for more information on dealing with
    children, raising families and building homes. But recent what is blog beast news of Morrisons
    in Kent selling Chinese Fuji apples during the British apple
    harvest season does provoke a few questions.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s