Sholat Sunat Taubat

Sholat Sunat Taubat yaitu sholat yang dikerjakan bagi orang yang menyesali perbuatannya, untuk bertobat kepada Allah Swt atas dosa-dosa yang pernah dilakukannya. Bertaubat dari suatu dosa artinya menyesali atas perbuatan yang telah dilakukannya dan bersumpah tidak akan mengulanginya lagi. Orang yang bertobat kemudian insyaf dan ingin bertaubat dengan taubatt yang sesungguhnya [taubatan nasuha] alias tidak kapok lombok. Maka hendaklah sholat 2 rokaat serta memperbanyak membaca istighfar sebagai berikut :

اَسْتَغْفِرُالله الْعَظِيْم الّذِيْ لاَاِلَهَ اِلاَّهُوَالْحَي

ُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ

[astaghfurullaahal ‘adzim alladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qoyyuum watuubu ilaihi]

‘aku memohon ampun kepada Allh Yang Maha Agung, Dzat yang tiada Tuhan melainkan
hanya Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri, aku bertobat kepada-Nya’

Atau dianjurkan juga membaca sayyidul istighfar dibawah ini :

اَللَّهُمَّ اَنْْتَ رَبِّي لاَاِلَهَ اِلاّ اَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَاَنَا عَبْدُكَ

وَاَنَا عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ اَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ

عَلَيَّ وَاَبُوْءُ بِذَنْبِى فَغْفِرْلِى فَاِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ

اِلاَّ اَنْتَ. اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ

[Allahumma anta robbi laa ilaaha illa anta kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ahdika wawa’dika mastatho’tu abu u laka bini’matika ‘alayya wa abu u bidzanbi faghfirlii fainnahuu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta]

‘wahai Tuhanku, Engkau adalah Tuhanku, tiada tuhan yang patut disembah melainkan hanya Engkau. Engkaulah yang menjadikan aku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku dalam ketentuan dan janji-Mu, sedapat mungkin aku lakukan, aku mengakui dosaku,
karena itu ampunilah aku, sebab tak ada yang dapat memberi ampunan, melainkan
hanya Engkau, wahai Tuhanku. Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari
kejahatan apa yang telah aku perbuat‘

[cat- dalam beberapa keadaan tulisan arab mungkin agak kacau]

Leave a Reply

