Catatan Lebaran 1430 H

Tujuan Merayakan Lebaran dan bagaimana sebenarnya hukum perayaan lebaran ?

Istilah Lebaran (jawa : Bodo) dalam Bahasa Indonesia merupakan ungkapan khusus (bukan dari kata lebar + an) yang dalam KBBI berarti “hari raya ummat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawwal setelah menjalankan ibadah puasa di bulan sebelumnya (Ramadhan). Hari raya ini disebut dengan Iedul Fitri”. Kata ini merupakan serapan dari Bahasa Jawa lebar yang berarti sesudah atau setelah. Uniknya dalam masyarakat Jawa sendiri digunakan istilah Bodo untuk menyebut lebaran yang merupakan serapan dari Bahasa Arab Ba’da artinya sama sesudah atau setelah. Sesudah atau setelah disini merujuk pada bulan sebelum syawal yaitu Ramadhan dimana Umat Islam diwajibkan berpuasa sebulan penuh. Lebar atau uwis berkonotasi adanya suatu kelegaan, kebebasan sesudah sebulan penuh berada dalam ketidak bebasan, tidak bebas makan dan minum, tidak bebas bergosip, tidak bebas jelalatan :D  ngelirik lawan jenis dll lah pokoknya. Kebebasan merupakan sesuatu yang patut dirayakan, bergembira, pakaian baru, makan enak. Hal ini lumrah saja dan merupakan sifat kodrati manusia. Merayakan hari kemenangan istilahnya, menang dari hawa nafsu. Tentu bagi mereka yang melaksanakan ibadah puasa dengan keikhlasan dan kesungguhan yang berhak merayakan kemenangan ini.
Dalam Bahasa Arab lebaran disebut Idul Fitri, Id, Ied artinya kembali – Fitri artinya Suci. Ini merupakan aspek spiritual dari perayaan lebaran, yaitu kembali dari hal yang sering dilakukan manusia, melakukan dosa yang menodai kesucian hati. Setelah secara mental dan fisik ditempa salama Ramadhan diharapkan hati kembali bersih suci. Suci sendiri terdiri dari 3 hal yaitu : sesuatu yang indah, yang baik dan yang benar, itulah fitri – suci kembali, terlahir kembali.
Kemudian, sebetulnya apa tujuan kita berlebaran ini?
Berpuasa jelas kita semua tahu tujuannya dalam QS 2-183 disebutkan bahwa kita diwajibkan berpuasa supaya kita bertaqwa, la’allakum tattaquun. Sedang orang berhari raya tujuannya adalah supaya kita bersyukur, dalam QS 2-185 :

1

“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

Takbir merupakan hal yang tidak terpisahkan dari Idul Fitri karena memang seperti itulah yang ada dalam Quran, sehingga lebaran masih akan terasa bermakna apabila takbir masih berkumandang dan meresap dalam hati.
Pertanyaan selanjutnya adalah, menurut agama boleh tidak kita membuat suatu ‘Perayaan’ atas ‘kemenangan’ ini?. Mengenai hal ini suatu saat sahabat pernah melihat 2 orang gadis remaja melantunkan syair2 bersama Aisyah ra. Sahabat bertanya dan Rasul menjawab ‘biarkan mereka bersyair, tiap umat ada lebarannya dan inilah lebaran kita’. Tentu diperbolehkan disini harus diartikan untuk tidak berlebih-lebihan, dan bukankah Rasul meneladankan kesederhanaan?
Selamat berlebaran poro sederek, sudahkah anda bersukur untuk nikmat lebaran ini… ?

<Taqobbalallah… mohon maaf lahir dan batin>

6 thoughts on “Catatan Lebaran 1430 H

  1. Koyone PERTAMAX juga ki. :p

    Iya kang. Ini malah bingung meh tak iseni opo. Lha wong hampir semua program bisa masuk mak bledheng tanpa ada tendensi macem-macem je.

  2. richocean says:

    dicatat …🙂

    Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Wa Ja’alanallahu Minal ‘Aidin Wal Faizin

    Lagi Gempa Lebaran
    http://richocean.wordpress.com/2009/09/23/gempa-lagi-lebaran-1430h-sumatrabalijawa/

    Yang mau tahu kondisi live jalan lewat kamera dari jalan mudik boleh mampir ke sini
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/21/video-live-malam-hari-pertama-situasi-jalan-lebaran-idul-fitri-1430h-jalur-utara-%e2%80%93-selatan-jawa-merak/
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/21/video-live-malam-hari-pertama-situasi-jalan-lebaran-idul-fitri-1430h-jawa-tengah-%e2%80%93-solo/

    Yang mau mudik naik mobil pribadi boleh mampir ke blog saya
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/15/tips-mudik-mobil-pribadi-bandung-malang-lewat-jalur-tengah-jawa/

    Buat rekan2 yang mau berikirim2 ucapan Idul Fitri, boleh mampir ke tempat saya,
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/14/kirim-sekarang-ucapan-idul-fitri-anda/

    atau jika sempat main ke blog saya ttg wisata alam:
    -http://richmountain.wordpress.com/wisata/rizqi-firdaus-agro-wana-widya-wisata-1/

    salam kenal😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s