Para Pejuang

“Kita menyumbang dana pembangunan masjid mungkin iya. Menjadi donatur panti sosial mungkin iya. Setiap rapat selapanan RT memberi iuran, setiap ada pembangunan lingkungan kita menyandang dana mungkin iya. Tetapi kepada orang-orang yang berkecimpung langsung, yang melaksanakan langsung, mungkin belum kita pikirkan, belum kita perhatikan secara layak.”

Sadarkah kita saat masuk di suatu masjid atau musholla misalnya, kepada orang-orang yang tanpa pamrih merawat dan menjaga kebersihan dan keindahan masjid. Coba tengoklah pada orang-orang seperti ini, seperti apa kehidupan mereka. Juga kepada para penggiat sosial yang tanpa pamrih akan dengan senang hati membantu orang yang membutuhkan bantuan. Pasti ada satu-dua orang seperti ini di sekitar kita. Dan cobalah perhatikan seperti apa mereka menjalani kehidupan. Pernahkah terpikir oleh kita betapa repotnya bapak Ketua RT kita? Mengurusi warga tanpa mendapat honor dari pemerintah maupun warga, yang ada malah kalau ada masalah di lingkungan maka ketua RT atau RW lah yang pertama kali akan mendapatkan kerepotan. Coba kita perhatikan seperti apa kehidupan bapak RT kita ini. Lebih lagi kepada para ustadz yang mengajari anak kita mengaji di tpq-tpq, merekalah sebenar-benar pahlawan, jangan-jangan menyampaikan ucapan terima kasih saja jarang kita ucapkan kepada mereka!
Orang yang masih punya kepedulian kepada hal-hal kecil (tapi penting) ini menurut pengamatan saya adalah orang-orang sederhana, berpikir sederhana berpola hidup sederhana dan biasanya pula berasal dari kalangan ekonomi sederhana pula. Tidak mungkinlah seorang pengusaha super sukses dengan kesibukan super padat akan bersedia ngurusi RT dan hal-hal kecilnya yang merepotkan. Sangat jarang ditemui seorang pegawai kantoran dengan posisi karir lumayan masih bisa meluangkan waktu untuk menjadi pengurus ini itu di lingkungan tempat tinggalnya. Jarang juga ditemui pedagang dengan omzet jutaan yang masih bisa turun langsung untuk sekedar manyapu debu lantai masjid. Meskipun sebenarnya mereka mencintai masjid maupun musholla maupun lingkungan mereka.
Inilah yang kadang luput dari perhatian. Kita menyumbang dana pembangunan masjid mungkin iya. Menjadi donatur panti sosial mungkin iya. Setiap rapat selapanan RT memberi iuran, setiap ada pembangunan lingkungan kita menyandang dana mungkin iya. Tetapi kepada orang-orang yang berkecimpung langsung, yang melaksanakan langsung, mungkin belum kita pikirkan, belum kita perhatikan secara layak. Lebih-lebih apabila keadaan ekonomi para pejuang ini berada dibawah garis.
Kemudian secara layak yang bagaimana mereka perlu diperhatikan? Yakinlah saudara pada mereka ini, imbalan materi tidaklah begitu penting bagi mereka. Hal yang mereka yakini adalah bahwa yang mereka lakukan semata hanya dari panggilan batin mereka, atau perasaan tanggungjawab mereka yang besar pada lingkungan dan masyarakat. Tidak penting bagi orang-orang ini akan adanya puji-puji apalagi balasan materi. Akan tetapi setidak penting apapun bagi mereka perlu dicarikan sebuah wacana untuk melembagakan suatu usaha yang memberikan meraka penghargaan selayaknya, apapun itu bentuknya, apakah sekedar bingkisan lebaran ataukah hal-hal lain. Yang terpenting adalah nguwongke (meng-orangkan) para pejuang ini.
Bagaimana Saudara apakah sudah timbul suatu kesadaran pada diri kita akan pentingnya peran para pejuang sejati kita ini?

One thought on “Para Pejuang

  1. Sebenernya kalau masalah manusia sosial ini sudah ada kemampuan yang mumpuni. Ya walaupun mereka ini ndak dikasih sumbangan/bantuan, tapi mereka ini udah punya kemampuan yang durable dan tahan uji. Kalau dilogika memang ndak bisa masuk. Lha mosok to mung urip nang Masjid (marbot) bisa tetep hidup dan makan tiap hari. Lha ya itu tadi, rizki-nya udah diatur. Tapi ya bukan berarti kita berhak mengesampingkan jenis manusia sosial ini lho.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s