Siapkan 100 juta untuk jadi PNS

pnxs

Ingin Jadi PNS Rp. 25 Juta Amblas (JP Kamis, 8 Oktober 2009)

Mbak Siti, warga Salatiga tertipu Rp. 25 Juta karena tergiur iming-iming bisa diterima kerja sebagai PNS di Departemen Agama..

Calo Patok 100 juta (JP Senin, 12 Oktober)

Warga Meteseh Tembalang mengaku ditawari menjadi PNS dari jalur honorer dengan biaya Rp. 100 juta padahal dia bukanlah seorang tenaga honorer, kabarnya pejabat pusat bisa menjual kuota tenaga honorer melalui perantara pejabat lokal.

Rp. 70 juta untuk menjadi PNS kota ***** di Jawa Timur (kata seorang temen saya kemarin di kampus)

Jalur belakang, calo maupun makelar yang mengaku bisa memuluskan jalan menjadi PNS tanpa susah-susah tes, disatu sisi sangat dibenci oleh para pencari kerja yang mengandalkan kepintaran akademis dan kompetensi yang memadai tetapi sangat disukai dan dicari oleh mereka yang punya uang tapi kemampuan kurang, maupun yang kurang percaya diri.

Kabar berita dan kejadian seperti ini akan semakin sering kita dengar seiring dimulainya penerimaan CPNS tahun 2009 di berbagai instansi. Banyak sekali anggapan bahwa sebuah kursi empuk keras PNS di kantor Super Mewah Sumuk layak untuk dihargai sedemikian mahal.

Semakin dekat waktu pelaksanaan pendaftaran CPNS (kabarnya sih pertengahan bulan Oktober ini) semakin banyak pertanyaan datang kepada saya, Bagaimana sih caranya untuk bisa masuk PNS tanpa pusing-2 tes, berapa biayanya, pejabat siapa yang bisa melantarkan? Hal- hal inilah yang sering ditanyakan kepada saya. Bahkan pertanyaan seperti itu kadang datang dari orang yang tidak saya sangka akan bertanya semacam itu. Jawaban saya selalu sama “di tempat saya (Pemkab Magelang tentu saja) tidak ada jalur belakang, katebelece maupun KKN dalam penerimaan pegawai Negeri Seipil”. Ada yang mentah-mentah tidak percaya dengan pernyataan saya. “mbok rasah ngono mas, ro bolo dewe we, piye to carane, aku mbok diduhke dalane wae wis, mengko urusane uborampe karo sampean gampang wes… tenan”, yah kira-kira seperti itulah ilustrasi pembicaraan yang terjadi. Padahal jan tenan gak ada, lha kalo memang ada buktinya saya gak dapat cipratan tuh:mrgreen: mana?

Putri dari salah seorang mantan Kepala BKD, tidak lolos seleksi pendaftaran CPNS tahun 2007 [pada waktu itu ybs masih menjabat sebagai Kepala BKD]. Istri dari atasan langsung saya pun tidak berhasil pada penerimaan CPNS tahun 2008, dan masih banyak lagi contoh orang yang seharusnya (dulu-dulunya) bisa dengan mudah menunjuk hidung untuk mengangkat orang sebagai pegawai negeri, saat ini sudah tidak lagi. Mungkin di Pemkab/kot maupun departeman lain masih ada budaya seperti itu, saya tidak tahu. Seperti misalnya nih ya yang sudah menjadi rahasia umum (rahasia kok umum, nek dipikir aneh yak kan trus bukan rahasia lagi) seleksi penerimaan TNI/POLRI yang masih kental nuansa ‘ginian’ nya.

Memang sih menurut penelitian dari UI tahun lalu, seleksi penerimaan CPNS di Indonesia dinilai masih sangat buruk dan menimbulkan kerawanan terjadinya praktik KKN. Menurut peneliti lain, ada dua jenis kesalahan yang sering terjadi pada proses seleksi CPNS yaitu Kesalahan administratif yang tidak disengaja akibat dari buruknya system (contoh kasus ini dalah adanya masalah CPNS Teranulir). Dan yang kedua adalah kesahalan disengaja oleh panitia untuk memanipulasi hasil seleksi. (Sumber dari Jawa Pos).

Dengan masih adanya hal-hal ‘rawan’ semacam ini memang kemudian kita tidak bisa serta merta menyalahkan masyarakat apabila kemudian mereka masih mempunyai anggapan bahwa penerimaan CPNS masih bisa dicurangi dengan KKN.

Poro sedherek, saya kemudian ganti bertanya, “halalkah gaji yang diterima oleh PNS yang lolos seleksi karena mbayar?” monggo dipun penggalih.

9 thoughts on “Siapkan 100 juta untuk jadi PNS

  1. Pujiriyanto says:

    Salam enterpreneur Ekonomi Sejahtera, Ekspresi diri dan Empati sesama. Kriteria orang sukses adalah materi dan PNS sudah harus diubah. Orang sukses adalah orang yang kreatif bisa menciptakan pekerjaan untuk orang lain atau menghasilkan wirausahawan baru. Kalau saya 25 juta buat modal usaha apalagi 100 juta ogaahhhhhh……….

  2. Pujiriyanto says:

    Gaji yang diterima PNS akibat mbayar saya katakan tidak halal namun tidak 100% karena ada kesalahan negara, sistem, tekanan ekonomi, sistem pendidikan pencetak blue white collar worker. Namun untuk urusan ini para pemimpin mesti selalu katutan dosanya seperti kalau terima honor kepanitiaan selalu tercantum namanya meskipun yang kerja bawah. Tul khan………..Tapi terutama yang menyogok dan yang disogok dapat porsi terbesar, coba aja diteliti pakai statistik dan dilengkapi analisis lisrel.

  3. biaya masuk dengan cara “MUDAH” emang mahal, tapi hati – hati penipuan.

    Saya sekarang menawarkan yang lebih real dan terpercaya, dua orang sudah masuk.
    saya dapat jatah 7 (TUJUH) orang, dan sekarang tinggal 5 (LIMA).

    jujur saja harganya tidak murah.

    TAPI KAMI JAMIN 100% pasti diterima untuk jadi PNS atau yang berminat menjadi HAKIM

    minimal lulusan SMU/SMA/atau sederajat.

    kalo mau info lebih lengkap, langsung aja ke portal tempat berkomunikasi.

    http://bit.ly/9ezBie

    INGAT!!! JATAH TINGGAL 5 (LIMA).

    BUAT JAMINANNYA, SEBELUM DITERIMA ANDA BOLEH NGINAP DITEMPAT SAYA SAMPAI DITERIMA JADI PNS MAUPUN HAKIM.

    UANG DIBAYAR SETELAH DITERIMA JADI PNS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s