Susno, wong iki cen ampuh tenan

Susno Duadji_Cicak_Buaya Wuah Susno Duaji memenuhi hampir semua slot berita di semua media, CEN AMPUH TENAN! tapi apakah memang Susno seampuh yang saya bayangkan? keknya sebentar lagi akan terjawab.

Kebayang nggak kalau nama susno duaji sekitar tahun lalu begitu dicibir banyak orang karena Wawancaranya dengan Majalah Tempo atas reaksi dari tindakan KPK menyadap telefonnya. Arogan, keras dan sak karepe, dengan sukses orang ini pun dihujat dimana-mana. Sekarang… saya kok merasa kalau kita itu, esuk dhele sore tempe, 180⁰ banyak sekali yang mendukung, membela atau sekedar bersimpati pada Pak Susno Jenderal Polisi Berbintang 3 kelahiran Pagaralam mantan Kabareskrim ini. Mudah sekali bagi kita melupakan sejarah meski itu baru beberapa saat saja berlalu. Banyak lho contoh dari begitu mudahnya masyarakat melupakan dosa masa lalu hanya dengan sedikit polesan kata-kata manis. Tidak buruk memang sifat mudah memaafkan ini bahkan baik dalam konteks memaafkan kesalahan orang yang bertobat, Allah Swt saja Maha Memaafkan, Ghofuururrohiim. Mudah lupa mungkin itu yang terjadi ya, sehingga banyak kasus2 yang diulur-ulur penyelesaiannya nganti sak laline wong sing mempermasalahke, contoh terdekat? Century,  ho’o to?

Pak Susno akhir2 ini lebih terkenal sebagai jenderal yang gigih membersihkan institusi Polri dari kebobrokan, untuk itu dia dibela dan dielu-elukan. Tidak perduli lagi apa motivasi Pak Susno melakukan ini, apakah karena sakit hati karena dicampakkan setelah menjadi bumper habis-habisan dalam kasus perseteruan KPK (cicak) vs Polisi (Buaya) ataukah karena alasan lain tidak lagi menjadi permasalahan. Pokoknya orang inilah Whistle Blower.

Dengan ditahannya Pak Susno menurut saya akan segera mengakhiri satu episode drama yang cukup menarik ini. Pak Susno akan tetap diadili dan dipenjara beberapa tahun demi menghentikannya dari sifat Arogannya yang kalau dibiarkan lebih jauh akan semakin merepotkan Polri. Tentang rekening-rekening itu, tentang markus-markus lain itu, dia kan mantan Kabareskim ya tahulah bagaimana ‘cara mainnya’. Tapi saya pikir Pak Susno gak ingin mati sendiri kok, dia pasti akan melakukan perlawanan.

5 thoughts on “Susno, wong iki cen ampuh tenan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s