a trip to remember

DSCN36352Angin bertiup tak berkesudahan di suatu siang dengan mentari menyala, memberikan inspirasi pada air untuk meriakkan ombak bergelombang datang, pucuk-pucuknya menari berbuih-buih berkecipak berdebur riang, sampai menerpa pasir di pantai Jatimalang. Perahu-perahu nelayan teronggok di tepian terikat erat pada tonggak, jeri pada musim yang selalu memberikan tanya dengan jawaban yang susah dikira.

Suatu siang di Pantai Jatimalang, 9 keluarga dari 11 yang seharusnya berkumpul menumpahkan rindu setelah 12 tahun awal pertemuan. Perjalanan hidup bisa membawa manusia kemana saja, ke tempat yang tidak diduga jauh di luar perkiraan semula. Bisa saja sejak awal sudah ditentukan hendak kemana arah yang dituju tetapi menuju kesana bagaikan meniti ombak dengan biduk, butuh perjuangan dan pengorbanan serta kekuatan doa yang dahsyat.


Dari sinilah cerita bermula,
Warna kehidupan yang dipilih kesebelas sahabat-sahabat saya yang luar biasa ini merupakan rangkaian yang mengalir dari satu titik ke titik lain yang diawali dengan satu niat untuk mendapat kehidupan yang lebih baik. Peluang kadang dirasa menipis melihat kondisi yang ada, tapi menjaga asa adalah hal yang mutlak untuk tetap bertahan.  Akhirnya kehidupan mempertemukan saya dengan orang-orang luar biasa ini. 11 orang teman satu angkatan Diklat Pra Jabatan Tahun 1998. Ya, kami memilih jalan pengabdian.

Setangkup kenangan mengapung pelan meronakan tawa kala mengingatnya. Meniti setapak-demi setapak jalan pengabdian itu, dengan Ijazah SMA,  dengan gaji pertama puluhan riburupiah sampai sekarang 12 tahun kemudian apa yang terjadi?

Ahh.. tidak ada yang berubah dari teman2 terbaikku ini masih sederhana dan bersahaja. Mereka ini adalah
Fuadi, S.I.Pem, yang masih murah senyum sehingga sulit dibedakan apakah dia sedang berbicara atau sedang tersenyum saja, sekarang ngurusi duit di BKD
Mbak Muslikhah yang selalu menginspirasi dengan kesederhanaanya, di Kecamatan Kajoran
Puji Lestari, ST, yang bicaranya nya cepat sekali untuk mengimbangi kecepatan berpikirnya, sekarang sedang akan menempuh S2. Staf DPUESDM
Fitri Setyawati, S.E., dara manis simple dan straight tidak berubah. Staf Kantor Diklat Naker
Agus Widodo, S.T, rujukan untuk akhir keputusan, yah he is a wise man. Sekarang ngurusi kesejahteraan pegawai di BKD
Akhid Nafiudin, S.Sos., kebahagiaan apa lagi selain bisa menjalani hidup dengan bertaqwa? kata beliau. Sekarang di Kecamatan Borobudur.
Amin Sudrajad,S.STP., paling ‘lelaki’ diantara angkatan 104 tidak heran dia bisa selamat lulus dari STPDN dan sekarang sudah punya kursi. di Kecamatan Muntilan.
Lilik Suhaeli, A.Md. yang mewarisi ketelitian dan kecermatan seorang Tukang Pos dari ayahnya sekarang fungsional Pustakawan.
Sriyanah, S.E., masih dengan kebersahajannya tidak berubah juga. Staf BPPT
Afip Sularso,S.Sos., masih ceplas ceplos dan suka nggarapi sekarang jadi asspri Ketua DPRD
dan saya.

Komplek Batalyon Infanteri 412 Purworejo, kami kunjungi lagi untuk menggali memori Diklat Prajabatan yang mengeratkan kami. Diklat yang tidak disediakan asrama sehingga harus indekos di garasi, tidak ada uang saku sehingga saya sampai diberi uang saku oleh pak camat bos saya. Diklat yang pantas untuk dikenang. Tempat Diklat itu sendiri sekarang sudah berubah fungsi menjadi Pondok Pesantren Al Fathonah entah sejak kapan.

Setelah 12 tahun berkiprah di dunia kerjanya masing-masing, kami sepakat untuk tetap saling menginspirasi, saling menguatkan untuk menjadi ABDI masyarakat yang membuat senyum pada TUAN yang dilayani.

foto-foto diambil dari fbnya mas afip sularso

4 thoughts on “a trip to remember

  1. mas Hanafi…..
    saat-saat seperti inilah yang menurut saya paling memoriabilia, sejenak terasa waktu telah lama sekali memisahkan kita yang pernah bersatu, dan setelah ditemukan lagi, ada perasaan lain “menyedulur”, itulah makna pershabatan yang abadi
    selamat bernostalgia bos….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s