About Smartphone

Paling heboh saat ini adalah Smartphone yang bernama Blackberry, betul? lalu apa jadinya blackberry ini tanpa adanya layanan data internet? …

nokia5230kcl Saya punya Handphone Nokia 5230 atau dikenal dengan Nuron (jangan salah dengan 5320 ya beda jauh), tidak canggih-canggih amat, karena seri ini adalah varian ekonomis dari pendahulunya, Nokia 5800. Nuron ini sudah HSDPA, GPS tapi tidak ada fitur wifi dan kameranya juga cuma 2mp tanpa autofocus, OS nya Symbian v9.4 Series 60 rel. 5 (lebih dikenal dg Symbian S6V5) dan tentu saja Touch Screen. Dalam tulisan ini saya ingin berbagi tentang pengalaman menggunakan telepon ini.

Tidak usah panjang lebar ya mbahas spek-nya gampang di-googling itu mah. Yang mau saya share pada teman-teman adalah tips-tips dan behaviour dalam penggunaan Handphone ini, ‘telepon pintar’ katanya. Kemudian sepintar apa? pintar mana sama yang punya, hal2 apa yang bisa dilakukan dengan handphone ini dan yah gitu-gitu deh..

Oke, pertama. Sepintar apapun handphone yang kita punyai tidak akan begitu kelihatan kedigdayaannya kalau tidak didukung beberapa hal. Kalau handphone pintar ini hanya dipakai untuk telefon dan sms tentu ya khasiat-nya hanya untuk bergaya saja, ini dari sisi pemakai. Kemudian handphone pintar ini juga tidak kelihatan begitu pintar kalau tidak didukung adanya layanan data internet yang memadai. Mengapa begitu? karena ‘kepintaran’ sebuah handphone biasanya diasosiasikan bagaimana benda ini bisa terhubung dengan dunia internet selain koneksi standar telefon dan sms. Meskipun sebenarnya smartphone itu adalah sebuah telefon yang mempunyai utilitas lebih dari sekedar telefon, misalnya untuk baca/edit dokumen kantor, surat elektronik, pertukaran data dan (ini yang menjadikan booming smartphone), untuk terhubung ke jejaring sosial. Paling heboh saat ini adalah Smartphone yang bernama Blackberry, betul? lalu apa jadinya blackberry ini tanpa adanya layanan data internet? Blas gak bisa ngapa-ngapain dia, selain seperti telefon biasa, kata teman saya o’on dia. Karena jualan utama Blacberry itu sebenarnya adalah push email dengan server mandirinya. Tapi trend terkadang bisa ngalahin apa saja, seperti pengalaman temen saya yang membeli BB tuh sekedar karena temen-temen kantor juga pakai, jadi bisa BBM-an (Blackberry Messenger) dan gak keliatan Gaptek2 amat getoo..

Bagi si empunya Telepon Pintar yang gak sering dapat hotspot jangan kaget kalau pemakaian pulsa anda akan membengkak secara drastis di awal2 pemakaian

Nah teman… masalah layanan data inilah yang terkadang membedakan behaviour pemakaian sebuah telepon pintar. Untuk lebih eksis di dunia maya dan memaksimalkan pemakaian telepon pintar maka layanan data diperlukan. Memang dengan fitur Wifi kita bisa akses data internet hanya kalau pas ada hotspot saja. Bagi si empunya Telepon Pintar yang gak sering dapat hotspot jangan kaget kalau pemakaian pulsa anda akan membengkak secara drastis di awal2 pemakaian. Hal ini disebabkan karena ada beberapa fitur dalam telefon yang otomatis akan meminta update, diantaranya Firmware version, setting email, aplikasi bawaan dari telefon yang minta pembaharuan. Dimana notabene telefon belum kita setting untuk tidak otomatis terkoneksi ke jaringan. Jadi ini yang perlu diperhatikan. Email misalnya kita set saja supaya sambungannya manual, hanya memang kalau demikian email yang masuk menjadi tidak real time seperti sms, tapi toh email memang beda dengan sms kan?

Ingat ya ini adalah SMART PHONE, jadi penggunanya pun harus smart lah, minimal tidak kalah pintar dari telepon yang dipakainya.

Maksimalkan Fitur yang ada!!!

Ingat ya ini adalah SMART PHONE, jadi penggunanya pun harus smart lah, minimal tidak kalah pintar dari telepon yang dipakainya. Dia bisa menjadi penunjuk jalan yang handal bagi petualangan anda, bisa menjadi penerjemah ulung dari semua bahasa di dunia, bisa menjadi pengolah kata saat hendak mengerjakan suatu tugas, chatting, email, dan lain-lain fungsi berkomputasi yang biasanya hanya bisa dilakukan dengan desktop ataupun laptop, kini hampir 75 % bisa dilakukan di sebuah gadget.
Saya ilustrasikan begini deh…
Suatu saat saya dapat sms dari teman sekantor, kalau dia mudik ke Semarang dan tidak masuk hari itu karena Ibundanya meninggal. Kemudian secara saya yang dititipi pesan saya pun mendapat mandat dari kantor untuk menjadi tim advance, mendahului teman2 kantor pergi ke rumah duka. Saya pede saja pergi ke Semarang meskipun belum pernah kesana, toh ada nama jalan (bahkan gang) dan no rumahnya. Menggunakan Google Map dan Ovi Map saya cari tuh alamat, ketemu, langsung deh meluncur kesana tanpa kesasar. Sesampai disana saya set Ovi map ke ‘Posisi Saya’ dalam mode peta, saya capture screen kemudian saya unggah ke Facebook dan Twitter. Tinggal saya kirim kabar ke kantor, “Peta rumah duka silahkan buka facebook saya”, beres.
Satu lagi pengalaman pas saya mau nonton Timnas membantai Laos 6-0 di piala AFF 2010 kemarin. Sesampai di Jakarta untuk transit dulu di rumah saudara saya naik taksi, ternyata pak sopirnya tidak tahu nama jalan yang saya maksud, padahal ada di Ovi Map, ya udah secara saya tidak mau diapusi sama si pak sopir saya taruh aja handphone saya di dasbor, “tolong pak ikuti rute ini saja ya”, si pak sopir pun cuma bisa nyengir.

Browser internet yang tersedia di handphone juga merupakan sejnata andalan yang bisa digunakan loh, taruh misal kita mau tahu kurs dolar terhadap rupiah ketik saja di google “convert US$ 134 into idr” maka hasilnya akan ada di list pertama daftar pencarian google. Mau tahu info cuaca? lewat google saja tidak usah install aplikasi lain cukup ketik “weather yogyakarta” dan lain-lain kegunaan google si ’tuhan internet’

Buannyak lagi kegunaan yang bisa kita dapatkan dari sebuah smartphone yang bisa membantu memberi kemudahan dalam hidup, tinggal bagaimana kita mengeksplorasinya saja.

Berikut ada beberapa tips dari saya :

Koneksi data, sekarang banyak cara supaya kita bisa terhubung ke internet untuk lebih nyamannya gunakan langganan paket data yang terjangkau. Kalau hanya untuk ber-facebook ria dalam sebulan tidak akan sampai 100 mb lah. Misalkan saya berlangganan data dari salah satu operator dengan sistem volume based 1GB tarifnya 35.000,- tidak habis meski saya hampir tiap hari Online, saya gunakan chatting, ngeblog. Tetapi memang saya hindari untuk download/upload file2 besar yang lebih dari 1 MB.

Perlu Hack Handphone?, beraneka aplikasi berguna dan sedap dipandang mata ingin kita tanamkan di handphone, sayangnya tidak semua aplikasi ini certified atau barangkali certificate expired (biasa disebut unsigned) maka diperlukanlah langkah hacking ini. Hancking bisa dilakukan dengan aplikasi HelloOx atau dengan metode Flashing menggunakan JAF. Untuk yang tidak mau ribet bisa diinstall free signer.

Aplikasi wajib
untuk pengguna s60v5 kiranya ada beberapa aplikasi yang rasanya andapun harus menginstall-nya, diantaranya :

  1. Opera Mini / Opera Mobile (saya prefer ke Opera mini v.4/5 untuk kecepatan, untuk hal-hal tertentu misal download dari m.4shared.com saya gunakan opera mobile)
  2. Google Maps / OVI Maps / Garmin Mobile, untuk navigasi
  3. X-Plore untuk manajemen file
  4. Alquran dari ASGATech yang bisa diunduh di Ovi Store Gratis
  5. Free Signer, aplikasi ini digunakan untuk menginstall aplikasi-aplikasi unsigned yaitu yang kadaluarsa maupun yang tidak certified
  6. Kaspersky Mobile Security, untuk anti virus
  7. Wordmobi, ini adalah aplikasi client WordPress bagi blogger, dengan aplikasi ini kamu bisa membuat posting, membalas komentar, membuat tag-tag, membuat kategori dan banyak lagi.
  8. Gravity, Aplikasi untuk eksis di twitter, facebook, foursquare. Im Loving it!

ada yang mau menambah poro sedherek?

3 thoughts on “About Smartphone

Leave a Reply

