HOAX Kepres No. 254/VII/2010 tanggal 21/11/2010 tentang perbaikan dan tunjangan gaji PNS

FotoSketcher - money-market-instruments KEPRES NO. 354/VII/10 Tgl. 1/11/10
Perihal: Perbaikan Gaji dan Tunjangan PNS TMT: 1/01/2011

Golongan I penerimaan Rp. 3.000.000,-
Golongan II penerimaan Rp. 5.000.000,-
Golongan III/a – III/b penerimaan Rp. 7.500.000,-
Golongan III/c – III/d penerimaan Rp. 8.500.000,-
Golongan IV/a – IV/b penerimaan Rp. 9.000.000,-
Golongan IV/c – IV/e penerimaan Rp. 12.000.000,-

Gaji berlaku sampai masa pensiun
Departemen dan pemerintahan: 55 Tahun
Guru dan Dokter: 60 Tahun
Dibayarkan Tanggal: 1/4/2011
Tunjangan Hari Tua/ Pensiun: Tidak ada

Entah darimana asal berita, banyak sekali sms masuk menanyakan soal ini sampai-sampai bikin heboh. Sejauh yang saya ketahui dan saya cek ke Bagian yang ngurusi masalah ini, sampai saat ini belum ada ketentuan apapun yang berkaitan dengan gaji PNS. Sampai saat ini penggajian masih didasarkan pada Peraturan Pemerintah No 25 Tahun 2010.

Secara penulisan Keputusan Presiden harusnya tidak seperti penulisan nomor surat seperti itu, lazimnya ditulis Keputusan Presiden Nomot 254 Tahun 2010. Jadi bisa dipastikan kalau berita ini tidak benar dan berasal dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

51 thoughts on “HOAX Kepres No. 254/VII/2010 tanggal 21/11/2010 tentang perbaikan dan tunjangan gaji PNS

    • abdul mufid says:

      apa benar kabar ini, apa ini kabar burung

      Jadi bisa dipastikan kalau berita ini tidak benar dan berasal dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

      sesuai tulisan saya diatas

  1. Khamidnur says:

    Kalau memang benar ya syukur alhamdulillah saya jadi pns (guru sd) gol IIId lebih dari 20 tahun gaji saya cuma dua jutaan tapi tetap saya mensyukuri.

  2. kl bener, mrk yg brjiwa priyayi, pasti ga setuju, kl ga ada gaji ngapain jd PNS?. mrk yg brjiwa santri kan sambut baik kan buat modal usaha. mrk yg jiwa abangan bersuka cita krn hidupnya cepat kaya. yg pasti lembga jasa asuransi dan tabungan pensiun akan byk bermunculan.

  3. arfathah says:

    wah mantrap tuh, itu baru GP nya ambal-ambal lainnya mpe berapa yah…? PNS yg gajinya kecil kayanya GURU doang dah padahal tanpa GURU kita ga tau jadi apa

    • holly prie says:

      yha, ntar dibayarnya gak pake RUPIAH, tapi pake YEN, (YEN ono duwite, YEN sing mbayari waras pikirane), enek-enek wae Cak.

      • Joko says:

        Jangan sirik mas, gak boleh tuh, ya kalo mas emang gak PNS ya gak usah disirikin, ya diberi semangat donk para PNS supaya tetap bersabar. Rejeki orang kok disirikin sih mas. ya betul atau tidaknya berita itu hanya pemerintah aja yang tahu.

  4. Didi Kamdia says:

    Maybe yes maybe no, tapi saya sendiri cenderung maybe NO, Kita ikuti aja seiring mengalirnya air kalo toch waktunya naek juga ga bakalan kemana-mana ini. Mudah2an aja bener beritanya kalo ga bener?SING SABAR SING TAWAKAL WAE PARA PNS

  5. R Yanti says:

    Kalau Keppres 254/VII/2010 itu hanya isu…. mhn pihak yg berwenang meluruskan agar tidak membuat keresahan warga masyarakat.
    Jika Keppres tersebut benar, hendaknya pemerintah di sattlekan dulu sistemnya, termasuk sistem untuk pihak-pihak terkait, seperti yg dalam waktu dekat pensiun, bagaimana solusinya. Dan dipertegas britanya secara lengkap agar tidak terjadi kasak kusuk

  6. maman kusmana says:

    Proses pembuatan Keppres di birokrasi itu panjang dan tembus pandang. Jadi kalau ada Kepres yang datang tiba-tiba seperti hantu, pastikan saja keppres palsu

  7. H. Musril Yas says:

    Berita perbaikan gaji / tunjangan PNS yang beredar sekarang ini jelas bohonh saja, hal ini dpat dibuktikan dari pengkodean nomor dan tanggal keperse itu sendiri yang tidak tepat.

  8. H. Musril Yas says:

    Berita tentang perbaikan gaji dan tunjangan PNS yang heboh akhir-akhir ini jelas merupakan berita bohong dan sangat menyesatkan, tidak bisa dipercaya apalagi diyakini.Mengapa demikian, karena dari pengkodean nomor dan tanggal surat kepres itu jelas tidak selaras dan tidak biasa dilakukan oleh pemerintah, khususnya kepresidenan. Jadi jangtan percaya akan hal itu

  9. YULI WAHYU UTARI says:

    Wah wah berita yang benar-benar menghebohkan bagi para PNS, tapi yang bener aja kenapa sih di masa yang serba membingungkan kok makin banyak pihak-pihak yang suka bikin sensasi.

  10. Bestone says:

    Endaknya…berita konyol kok ya diedarkan dan diisukan….mana mungkin gaji PNS segitu besar…lha personil dari PNS itu banyak lho…emange bayarnya pakai batu kali apa ? Duwite mbah e itu yang pakai mbayar…embah yg udah pikun…uang Rp. 1.000,- dikirain Rp. 100.000,-.

  11. kenapa kok ada isu-2 yg menyesatkan gitu sih, kalau memang berita itu benar segera edarkan ke semua Intansi pemerintah di seluruh Indonesia, buktikan kalau itu benar, dan kalau tidak apa sih maksud tujuan berita itu kok bikin pusing PNS, khususnya bagi tenaga kependidikan yg selama ini selalu dianak tirikan, kalao guru dg sertifikasi yang menrima gaji double di rekening BRI dan melalui gaji instansi.

  12. Alfa La Ode says:

    jangan2 mereka yg memiliki kepentingan tertentu yg membuat dan menyebarkan isu kenaikan gaji PNS dgn tujuan untuk mengalihkan perhatian terhadap kasus2 dan masalah2 faktual yang terjadi di negeri kita ini yg tak kunjubg selesai, bahkan mafia2 makin berkembang. Kapan rakyat akan sejahtera kalau oknum2 aparat dan pejabat penegak hukum dan pejabat eksekutif bersama-sama dengan anggota-anggota legislatif bersekongkol dalam pemerintahan hanya untuk menapai kepentingan pribadi dan kelompok, maka lahirlah mafia2 dan matilah pula maslahat2.
    Semoga Allah mengakhiri ini semua. Amiiin!!!

  13. ahmad says:

    hati hati denga berbagai bentuk penipuan, jangan mudah percaya dengan berita2 eperti ini, untuk temen2 pns, syukuri yang sudah ada, tidak perlu berharap banyak disutuasi seperti ini

  14. ika dewi says:

    aq jg ikutan BUNGAH klo soal itu,,MASiYO dengar tok,.,. sayangnya d byar dg mta uang YEN,, YEN ono yo BAYARAN,,lha YEN ora ono njur kepriye horo……..????????

    • Endah Rahayu says:

      mustahil lah, syukuri aja yang ada, sy guru SD,dgn gol IV/a, gaji 2,8 jt+tunjangan sertifikasi 1bln gaji, Alhamdulillah…..

  15. edi saputra says:

    jika benar isu tersebut mudah2an saja dapat meningkatkan kinerja aparat dan kalau mungkin bisa menghapus atau mengurangi praktek korupsi yg kian merajalela. jika cuma isu belaka ya sesuai namanya informasi syuluh(palsu) berarti dah bertambah orang gila di indonesia ini yg suaknya cuma berangan-angan,yaaaah….. semoga saja negeri ini semakin baiklah.

  16. Achmad ADE Suryani says:

    jika masa jabatan sudah diatas 25 tahun, alangkah meruginya para PNS. Potongan Taspen saja selama jabatan tersebut sudah diatas angka 100 juta, bagaimana dengan uang jasa pengabdian, tunjangan keluarga (istri/suami & anak). So, jika itu akan dipakai sebagai pijakan untuk pengendalian Anggaran Belanja Negara, harap ditinjau lagi secara bijak dan pertimbangan yang matang.

  17. suhaili says:

    mungkin yang nyebar sms itu seorang PNS yang lagi bingung masalah gaji PNS yang sangat rendah, yahhh..!tolong dong diperbaiki tuh kesejahteraan pegawai rendahan jangan hanya gaji pejabat ama DPR aja yang tinggi gajinya padahal sih mereka pegawai bawahan abdi negara juga yang memiliki porsi waktu yang sama dengan mereka dalam pengabdian

    • Joko says:

      setuju, terutama gaji DPR yang tinggi tapi kinerjanya gak beres, kalo rapat kerjanya berantam mulut tapi hasilnya gak ada, gak usah jauh2 mengenai Bank Century aja sampai sekarang gak kelar2, asik rapat terus, ngabisin anggaran.

  18. EKO says:

    KATA ORANG JAWA{WARISAN EYANG SUHARTO TERNYATA MASIH MANJUR }= AJA GUMUNAN,AJA KAGETAN SELU ELING LAN WASPADA [ artinya jangan suka heran…terkaget-kaget seallu ingat dan Waspada ] buat semua aparatur Sipil maupun TNI Polri barngkali selama ini kerja kurang bersyukur aja… rakyat tetap masih lebih cerdas dari semuanya…

  19. Joko says:

    ya mau itu berita benar apa gak, ya kita yg gak PNS gak usah SIRIK krn itukan rejeki orang.yang penting kalopun naik gaji PNS mudah2an kinerja para PNS makin meningkat dan pelayanan terhadap kita2 masyarakat semakin baik.

  20. eko bantul says:

    pns sudah tertindas eee malah arep ditindas hari tuanya, liat anggota DPR itu, dah gajinya gede tapi pesangon masih ada, palagi presidene njaluk mundak gajine

  21. indatu says:

    ” KAMU ” yang buat berita palsu apa yang kamu dapat kan dari berita yang engkau sebarkan, apakah keuntungan, apakah kebahagiaan apakah apa ????? PNS 1 bulan belakang berhayal dengan uang yang gede, PNS bercita2 akan merobah nasib nya dengan gaji yang gede.

  22. hasbar says:

    Semoga bukan janji kosonglah, yang perlu diperhatikan pemerintah adalah guru, suster/bidan yang berada di daerah terpencil dan daerah perbatasan.

  23. ai says:

    wah gile bgt klo emang boong…angin surga…tp aku dpt kbr ini dr bendahara sekolah ktnya lngsng dr BKD ko bisa ya hanya Bualan.

  24. masalah kepres 254, saya bersyukur krn pemerintah sungguh tanggap apa yang dikeluhpan oleh PNS gol rendah, dengan kepres itu semua PNS Insya Alloh akan sejahtera, serta kinerjapun akan meningkat kedisplinannya. dan tolong berita ini ener-bener Kepres dari Bpk kita SBY, klo tdk akan menambah isu yg gejolak dan menghina semua PNS, semoga bisa terwujud, Jaya Indonesia Jaya Presidenku

  25. iking sudrajat says:

    kalau memang benar ya sukuri kalau memang bohong ya sukuri juga karena itulah rezeki kita, tapi pemerintah harus tanggap karena ini kabar burung sudah terbang kemana-mana dan menimbulkan perdebatan antara yang setuju dengan yang tidak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s