Check-In Facebook Place dan Membuat Venue Baru dengan Symbian S60V5

fbplaces2Sering kita lihat di status Facebook seseorang yang menyertakan tempat dimana dia berada, ini mudah dilakukan di PC. Tetapi bagaimana dengan membuat sebuah venue baru? untuk ini, sejauh yang saya tahu tidak bisa dilakukan dengan PC, karena membutuhkan fasilitas Geo Location alias GPS. Kebetulan saya punya gadget ber GPS, Nokia 5230 (Symbian S60 V5) saya pun mencoba-coba.

Untuk bisa memakai fasilitas Geo Location di Symbian S60V5 tidak bisa dilakukan dengan browser standar Symbian padahal fasilitas ini adalah salah satu point penting yang dimiliki smartphone belakangan ini. Aplikasi GPS sudah banyak dimanfaatkan para developer misalnya Foursquare, Gravity dan bahkan aplikasi Prayer Time yang saya install pun sudah memakai fasilitas ini. Untuk aplikasi browser yang sudah menanamkan Geo Location adalah Opera Mobile 10.1 keatas. Catatan saya mengenai Opera Mobile adalah aplikasi ini lebih lambat kalo dibandingkan dengan Opera Mini, tentu bisa dipahami karena data yang ditampilkan juga lebih besar untuk menu dan fasilitas yang variatif termasuk sudah mendukung Geo Location ini, jadi tunggu apa lagi segera update Opera Mobile anda!

Scr000007Scr000009Untuk bisa Check-In dan membuat venue di Facebook Place kita harus menginstall Opera Mobile ke S60V5 kita, arahkan saja browser default ke m.opera.com dan donlot dari sana.

 

 

 

 

 

kemudian ikuti langkah-langkah berikut

Scr000010-2Scr000012-01Scr000013-01

 

 

 

 

 

 

 

 

Arahkan ke http://m.facebook.com atau http://touch.facebook.com

Sign in ke akun Facebook.

Klik pada “Daftar Masuk” dibawah box status .

Kemudian anda akan diminta izin jika Anda ingin berbagi lokasi. Klik "Agree".

Klik sekali lagi pada “Share Location”. Anda mungkin ingin Opera mengingat pilihan ini, jika tidak maka lain waktu Opera akan menanyakan lagi, biarkan tanda centang pada “Remember Choice”.

Apabila sampai di tahap ini anda belum juga bisa melihat tautan “Daftar Masuk” seperti gambar diatas, maka anda harus membersihan cookies di Opera sebelum itu anda harus log out dulu dari facebook, kemudian buka pengaturan – privacy – clear cookies

Scr000028

Berhasil, anda sekarang bisa melakukan “Check-In” di Facebook, Silahkan dicoba.

Scr000016Scr000017

    Anda akan diminta persetujuan untuk meberi peringatan bahwa dengan Check-In berarti teman-teman anda bisa mengetahui keberadaan anda. Klik “Saya Setuju”

 

 

 

 

 

Scr000031Sekarang anda juga bisa membuat Venue baru yang belum ada di daftar. Akan tetapi untuk menambah venue baru saya masih menemui masalah dengan menggunakan m.facebook.com, sedangkan dengan touch.facebook.com masih bisa. masalah yang ditemui di m.facebook.com adalah saat kita akan menambahkan venue baru harus melalui pencarian lokasi terlebih dahulu. Saat akan mencari lokasi yang tidak ada dalam daftar, Opera tidak bereaksi. Apabila menggunakan touch.facebook.com maka saat venue yang dicari tidak ada akan secara otomatis memunculkan tulisan tambahkan… diikuti nama venue yang tidak ditemukan.

 

 

 

mashanafi sign

10 thoughts on “Check-In Facebook Place dan Membuat Venue Baru dengan Symbian S60V5

  1. MAMA ABBIE :-) says:

    PENGEN….
    SAYANG HP SAYA GA SUPPORT A.K.A HP JADUL….
    KALO BOLEH TOLONG BUATIN DONG…
    NAMA VENUE NYA ” KARANGANYAR 1216″ LOKASI DI YOGYAKARTA…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s